"Apakah
pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang"?
Komputer saat ini sudah tidak asing
lagi bagi sebagian orang. Bahkan, pada beberapa bidang kerja, penggunaan
komputer menjadi suatu keharusan untuk menunjang pekerjaan pada suatu
perusahaan. Begitu juga dalam dunia pendidikan. Karena komputer tidak dapat dilepaskan
dari dunia pendidikan. Bahkan di perguruan tinggi, ilmu komputer menjadi suatu yang
saat ini banyak diminati oleh masyarakat.
Oleh sebab itu, pengenalan /
pembelajaran komputer pada usia dini sangat diperlukan. Namun kemudian timbul
suatu pertanyaan, bagimana cara mengenalkan komputer tersebut kepada anak-anak
sekolah dasar ataupun taman kanak-kanak ? salah satunya adalah memasang sebuah
aplikasi game/permainan yang disukai oleh anak-anak pada usia tersebut, dan
bahkan sekarang sudah banyak aplikasi CD Interaktif untuk anak-anak. Jika kita
melihat ke toko-toko yang menjual game, tentu bermacam-macam jenis game yang
dapat kita temukan. Namun tidak semua game yang ada dapat menunjang apa yang
diberikan di sekolah formal mereka.Game yang berbau pendidikanlah yang
sebaiknya kita berikan kepada anak-anak pada usia sekolah tersebut, karena
disamping mereka bermain, meraka juga dapat belajar komputer dan belajar
pelajaran yang mereka dapat disekolah.
Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia.Untuk itu semenjak dini perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak .Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.Guru sebagai agen pembelajaran sudah sepantasnya menguasai perangkat teknologi, khususnya komputer. Pengenalan perangkat teknologi semenjak dini berguna untuk menghindarkan munculnya generasi muda yang gaptek atau gagap dalam menggunakan teknologi. Sehingga di masa depan nanti guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi semata tetapi lebih berperan sebagai fasilitator yang mampu menciptakan proses belajar dalam individu Contoh yang dapat disampaikan misalnya:
·
Pengatur lalu lintas udara di bandara menggunakan
komputer untuk mengatur jadwal penerbangannya
·
Dokter menggunakan komputer untuk membantu
memeriksa/ mendiagnosa kondisi pasien
·
Perusahaan percetakan menggunakan komputer untuk
mengatur tata letak berita dan ilustrasi yang terdapat dalam koran atau majalah
·
Pelajar dan mahasiswa menggunakan komputer untuk
mengetik, mencari dan memperoleh informasi serta menyelesaikan tugas-tugas
sekolah
·
Perkantoran menggunakan komputer untuk membuat
administrasi
·
Komputer dengan kemampuan multimedia mampu menampilkan informasi secara
nyata yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Misalnya untuk
mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan sebagainya, Dengan teknologi yang ada pada komputer manusia dapat
terhubung secara luas dengan seluruh jaringan yang ada di dunia. Jaringan
komunikasi tersebut adalah internet
Banyak contoh lain yang dapat dikemukakan tentang manfaat komputer dalam kehidupan manusia. Dengan menceritakan manfaat komputer pada anak usia dini diharapkan anak akan mulai tertarik untuk mengenal computer
Banyak contoh lain yang dapat dikemukakan tentang manfaat komputer dalam kehidupan manusia. Dengan menceritakan manfaat komputer pada anak usia dini diharapkan anak akan mulai tertarik untuk mengenal computer
Untuk
Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan
melalui kegiatan pembelajaran yang berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya
dengan program aplikasi Power Paint guru dapat mengajak anak untuk menggambar
obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar
dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak
dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.
Dengan komputer, proses belajar anak
akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri , dengan
komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk
pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, pendidik akan merasa sangat terbantu dengan
penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang
optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta didukung
dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih
betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil belajarlah
yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar